9 Penyebab GPS Android Tidak Akurat


Global Positioning System atau lebih dikenal dengan nama GPS, adalah sistem navigasi berbasis satelit yang sekarang ini sudah banyak digunakan oleh berbagai perangkat dan kendaraan, mulai dari tablet, smartphone, kapal laut, mobil, motor, dan lainnya. Dengan GPS, penggunanya bisa dengan mudah untuk mencari lokasi yang dituju. Bahkan dengan GPS juga, penggunanya bisa melihat rincian lokasi tempat pengguna tersebut berada, lengkap dengan informasi rute dan arah ke tempat yang sedang dituju.

Dahulu, GPS hanya bisa digunakan dengan perangkat khusus. Namun, saat ini GPS bisa kita gunakan, bahkan melalui genggaman tangan kita. Hal tersebut karena hadirnya berbagai aplikasi peta populer di smartphone Android, mulai dari Google Maps, HERE Maps, dan Waze. Aplikasi-aplikasi tersebut memanfaatkan GPS untuk memandu penggunanya dalam menentukan rute dan arah menuju tempat yang dituju.

Itu artinya, saat ini GPS sangat membantu pengguna tablet, smartphone, dan perangkat lainnya dalam menentukan arah secara tepat. Bahkan, aplikasi-aplikasi peta populer seperti Google Maps, Waze, dan HERE Maps mampu memberikan informasi tambahan seperti kondisi lalu lintas, kemacetan, jarak, sampai estimasi waktu menuju tempat tujuan.

Seiring perkembangan zaman, saat ini aplikasi-aplikasi populer di masyarakat Indonesia juga menggunakan GPS untuk mendukung fungsi utama dari aplikasi tersebut. Mulai dari aplikasi ride sharing seperti Go-Jek, Grab, dan lainnya. Juga aplikasi untuk pesan makanan online seperti GrabFood, Go-Food, McDelivery, dan lainnya. Bahkan, Anda bisa melakukan cara melacak orang dengan GPS di Android Anda.

Melihat hal tersebut, penerapan GPS dalam kehidupan masyarakat saat ini sudah sangat beragam fungsinya. Oleh karena itu, fungsi GPS di dalam smartphone Android haruslah bisa diandalkan dan tidak boleh mengalami masalah.

Nah, bicara soal masalah pada GPS, pernahkah Anda mengalami saat dimana posisi Anda di GPS tidak tepat? Contohnya, Anda saat ini berada di Jakarta. Namun, aplikasi GPS di smartphone Anda malah menunjukkan posisi Anda di Kalimantan. Tentu hal tersebut merupakan hal yang menjengkelkan, bukan?

Namun, Anda tak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar penyebab gps android tidak akurat beserta cara mengatasinya. Anda bisa langsung mempraktekkan cara-cara tersebut di perangkat Android Anda. Mari kita simak informasinya sama-sama.

1. Faktor Hardware

Hal yang kadang dibicarakan oleh orang-orang yang paham akan teknologi smartphone adalah beberapa chipset yang memiliki kemampuan GPS yang bermasalah, bahkan sering salah koordinat. Hal tersebut biasanya terjadi pada chipset yang terpasang di dalam smartphone berharga murah.

2. Kondisi Jaringan Jelek

Kondisi jaringan seluler yang jelek pun bisa berdampak pada posisi koordinat yang tidak tepat pada GPS. Hal tersebut karena aplikasi yang menggunakan GPS akan menggunakan lokasi koordinat terakhir yang terlacak oleh GPS. Coba Anda telusuri penyebab koneksi internet tidak stabil di sekitar Anda.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-2’); });

3. Bug OS atau aplikasi

Biasanya, update sistem operasi Android yang membawa bug pun bisa menjadi alasan mengenai GPS bermasalah, bahkan bisa salah koordinat. Selain itu, bisa jadi aplikasi pengguna GPS yang Anda pakai memiliki bug juga sehingga GPSnya malah tidak akurat.

4. Banyaknya data cache aplikasi GPS

Poin ini berkaitan dengan kondisi jaringan yang jelek sebelumnya. Dimana jika GPS tidak bisa menentukan posisi koordinat terakhir dari pengguna, alias tidak akurat, maka GPS akan mengambil data koordinat terakhir yang ada di dalam cache aplikasi GPS.

Nah, jika data ini terlalu banyak, lama-kelamaan bisa membuat GPS Anda menjadi tidak akurat. Oleh karena itu, file-file sampah dari cache aplikasi GPS harus dibersihkan. Caranya kurang lebih sama dengan cara agar HP Android tidak lemot.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-1’); });

Caranya, Anda bisa mengakses menu Settings > Apps. Lalu, pilih aplikasi peta yang sering Anda digunakan (bisa Google Maps, Here Maps, Waze, dan lainnya). Selanjutnya, pilih Storage. Sentuh tombol “Clear Cache” dan “Clear Data” untuk membersihkan cache data aplikasi yang mengganggu. Anda juga bisa menggunakan aplikasi agar Android tidak lemot yang pernah kami bahas sebelumnya.

5. GPS Anda tidak diatur akurasi tinggi

Smartphone Android sendiri mengatur bagaimana pelacakan lokasi menggunakan GPS bisa dilakukan. Untuk mendapatkan hasil yang presisi, GPS di Android akan mencari lokasi dari jaringan seluler, GPS, jaringan wifi. Sedangkan ada juga mode dimana GPS di Android hanya menggunakan jaringan seluler saja atau jaringan GPS saja.

Ada beberapa cara yang berbeda untuk meningkatkan keakuratan GPS dan mengaktifkan pelacakan “High Accuracy” pada setelan lokasi, tergantung smartphone apa yang Anda gunakan. Anda bisa mencarinya pada menu lokasi pada pengaturan.

Caranya, buka Settings > Advanced Settings > Location Access. Pada Location Mode, matikan “Access my location” lalu aktifkan kembali. Sebagai catatan, Anda bisa memilih apakah Anda akan menggunakan GPS, WiFi, dan jaringan seluler pada Location Mode untuk mendapatkan GPS yang akurat.

Selain itu, Anda juga dapat membuka menu notifikasi dengan mengusap layar dari atas ke bawah. Selanjutnya, matikan ikon Location beberapa saat, lalu aktifkan kembali.

Sesudah opsi High Accuracy diaktifkan, Anda bisa mengecek apakah GPS di perangkat Android Anda sudah akurat atau belum. Untuk membuktikannya, buka Google Maps atau aplikasi peta lainnya. Jika masih belum akurat, berarti penyebab GPS android tidak akurat bukan hanya karena salah pengaturan.

6. Kompas pada GPS belum dikalibrasi

Walaupun GPS sudah tepat menunjukkan lokasi Anda berada, tetapi bisa saja GPS Anda tidak menunjukkan posisi yang tepat. Hal tersebut bisa menimbulkan pada Anda yang sedang menggunakan aplikasi navigasi yang membutuhkan posisi yang akurat. Untuk mendapatkan posisi GPS yang akurat, Anda harus mengkalibrasi sensor kompas yang berada di perangkat Anda.

Anda bisa mendownload aplikasi “GPS Status” di Google Play Store. Pastikan Anda sudah melakukan cara mengaktifkan Play Store. Sesudah di-download, buka aplikasinya dan GPS Status akan mencari satelit terdekat. Jika aplikasi tidak mendapat sinyal untuk mendapatkan satelit, itu artinya perangkat Android Anda telah di-block. Kita akan kita bahas hal tersebut di poin selanjutnya.

Sekarang Anda hanya perlu mengkalibrasi kompas. Caranya, sentuh layar dan dan klik ikon menu di pojok kiri atas layar. Pilih “Compass Calibration” dan ikuti petunjuknya. Nah, seharusnya sensor kompas di perangkat Anda harusnya sudah menunjukkan lokasi yang tepat. Jika masih belum, coba Anda reset GPS Android Anda.

7. GPS belum di-refresh

Jika cara-cara sebelumnya masih gagal untuk meningkatkan akurasi GPS Android Anda, coba refresh data GPS Anda. Masih menggunakan aplikasi yang sama, sentuh ikon menu dan pilih “Diagnose Sensor” > “GPS sensors”. Selanjutnya akan muncul jendela pop up dan pilih “Reset” untuk membersihkan data cache GPS.

Sekarang smartphone Android Anda harusnya sudah bisa mengunci satelit lebih cepat dan lokasi Anda bisa lebih akurat.  Untuk membuktikannya, buka Google Maps atau aplikasi peta lainnya.

googletag.cmd.push(function() { googletag.display(‘div-gpt-ad-1495635998525-3’); });

8. Ada yang Memblokir Smartphone Anda

Jika cara-cara sebelumnya masih belum berhasil, itu berarti masalahnya bukan terletak pada smartphone Android Anda, tetapi faktor lain dari luar yang tidak memungkinkan smartphone Anda untuk mendapatkan sinyal. Bisa jadi aplikasinya memang tidak bekerja. Atau mungkin ada benda logam yang memblokir sinyal ke smartphone Android Anda.

9. Aplikasi GPS Bermasalah

Jika Anda sudah menghapus cache maupun data dari aplikasi GPS, tetapi tetap tidak berhasil membuat GPS Anda menjadi akurat, itu artinya Anda harus melakukan uninstall pada aplikasi peta yang Anda gunakan, bisa itu Google Maps, Here Maps, Waze, dan lainnya. Setelah aplikasi terhapus, maka Anda bisa kembali mendownload dan menginstalnya kembali dari Google Play Store ke smartphone Android Anda.

Sekian informasi yang bisa kami sampaikan seputar penyebab GPS Android tidak akurat. Semoga informasi kami kali ini bisa membantu Anda untuk mengatasi GPS yang tidak akurat.